Sabtu, 11 April 2015

meningkatkan prestasi sepak bola melalui ekstrakulikuler



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Upaya meningatkan kualitas pendidikan tidak hanya dilakukan oleh Negara-negara maju saja, sebagai negara berkembang peningkatan kualitas pendidikan juga perlu untuk persaingan di era globalisasi. Peningkatan kualitas tersebut silakukan dengan peningkatan prestasi akademik dan non akademik. Peningkatan akademik dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar setiap hari di sekolah melalui mata pelajaran wajib. Sedangkan peningkatan non akademik dapat ditingkatkan melalui mata pelajaran bersifat praktek serta kegiatan-kegiatan pengembangan diri lainnya.
Sepak bola merupakan salah satu ekstrakurikuler yang memanfaatkan aktifitas jasmani yang direncanakan secara sistematis dan metodik yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, perspektual, kognitif dan emosional. Peminat ekstrakurikuler sepak bola didominasi oleh siswa laki-laki. Kegiatan dilakukan di luar ruangan atau outdor.
Pada saat ini sepakbola merupakan permainan rakyat yang menyebar di seluruh pelosok tanah air, sehingga olahraga ini tergolong olahraga popular di Indonesia. Meskipun begitu, prestasi Tim Nasinal Indonesia belum bisa meraih hasil maksimal. Kondisi memprihatinkan ini tidak lepas dari sistem pembinaan teknik bermain sepak bla sejak usia dini. Pembinaan sepakbola sejak dini pada generasi bangsa Indonesia dapat diperoleh dari sekolah sepakbola (SSB).  selain itu, semakin berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia maka pembinaan sepakbola bisa melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang siswa bebas memilih sesuai minat dan bakatnya masing-masing.
Dengan adanya pembinaan sepakbola yang tepat maka meningkatkan prestasi dibidang sepakbola bukanlah hal yang mustahil lagi. Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas maka peneliti memilih sepakbola sebagai bahan observasi.  Untuk meningkatkan prestasi melalui kegiatan ekstrakurukuler, maka penulis memilih judul “ Metode Meningkatkan Prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN” sebagai laporan hasil observasi.

B.     IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuaikan dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut:
1.      Belum diketahui pengaruh minat dan bakat siswa pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN.
2.      Belum diketahui pengaruh pembinaan pembina ekstrakurikuler pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN.
3.      Belum diketahui metode atau cara yang efektik pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN.

C.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan identifikasi masalah di atas maka peniliti menentuka rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana pengaruh minat dan bakat siswa pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN?
2.      Bagaimana pengaruh pembinaan pembina ekstrakurikuler pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN?
3.      Bagaimana  metode atau cara yang efektik pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN?

D.    TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka dapat diketahui tujuan penelitian sebagai berikut :
1.      Mengetahui pengaruh minat dan bakat siswa pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN?
2.      Mengetahui pengaruh pembinaan pembina ekstrakurikuler pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN?
3.      Mengetahui metode atau cara yang efektik pada peningkatan prestasi Sepakbola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di MI AL-IHSAAN?

E.     RUANG LINGKUP PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di MI AL-IHSAAN desa Sumberporong Kecamatan Lawang Kab. Malang Perum Griya Husada Blok C No.05 Sumberporong, pada tanggal 2 Oktober 2014 sampai 6 Desember 2014, penelitian dilakukan setiap hari Selasa saat dialaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pada pukul 13.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ekstrakurikuler di ikuti oleh siswa MI AL-IHSAAN berjumlah 27 siswa.

F.     MANFAAT PENELITIAN
1.      Manfaat Teoritis
a.       Bagi sekolah dan pembina ekstrakurikuler
Sebagai alat ukur yang baik untuk mengetahui keberhasilan meningkatkan prestasi sepakbola  dalam menyusun, membina, melatih dan mengaplikasikan program tahunan di kalender pendidikan.
b.      Bagi siswa
Meningkatkan prestasi non akademik di bidang olahraga melalui sepakbola baik di lingkup terendah maupun tertinggi serta mendapat pengalaman hidup yang berharga.
c.       Bagi peneliti
Peneliti dapat mengetahui metode pembinaan sepakbola yang baik sehingga menghasilkan prestasi sehingga dapat digunakan sebagai contoh untuk pembinaan lainnya.
2.      Manfaat Praktik Bagi sekolah, siswa dan peneliti dapat meningkatkan kualitas siswa dalam teknik sepakbola sehingga meningkatkan prestasinya.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    PROFIL SEKOLAH
 MI AL-IHSAAN pertama kali berdiri pada tahun 1995 yang terletak di Desa Sumberporong Kecamatan Lawang Kab. Malang Perum Griya Husada Blok C 1 No. 05 Sumberporong. Jumlah seluruh siswa 194 yang terdiri dari 35 siswa kelas 1, 34 siswa kelas 2, 37 siswa kelas 3, 28 siswa kelas 4, 30 siswa kelas 5 dan 30 siswa kelas 6. Sekolah ini bernaung di bawah Departemen Pendidikan Keagamaan Kabupaten Malang.
Sekolah ini menerapkan beberapa jenis pembelajaran yaitu pembelajaran intra Kurikuler yang terdiri dari pelajaran umum sama dengan tingkat Sekolah Dasar ditambah dengan 6 jam pelajaran agama islam. Pembelajaran Ekstra Kurikuler yang terdiri dari baca tulis dan tahfidz Al Quran, confertation, Seni Tari, Pramuka, Volly dan Sepakbola. Sedangkan untuk pengembangan diri terdiri atas pembiasaan Shalat Dhuha dan Shalat berjamaah.
Pembelajaran Intra Kurikuler di laksanakan pada pukul 07.00 – 12.30 WIB, sedangkan untuk kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler dilaksanakan seminggu sekali sesuai hari yang ditentukan mulai dari pukul 13.00-15.00 WIB dan di bina oleh pembina masing-masing. Pembina ekstrakurikuler terdiri dari pembina dari luar dan ada beberapa yang di bina oleh guru mata pelajaran terkait. Setiap siswa dibebaskan mengikuti 2 jenis ekstrakurikuler sesuai minat dan bakatnya.

B.      EKSTRAKURIKULER MI AL-IHSAAN
Setiap ekstrakurikuler di MI AL-IHSAAN di bagi sesuai hari yang berbeda sehingga siswa bisa mengikuti 2 ekstrakurikuler tanpa jadwal yang bersamaan. Pemilihan ekstrakurikuler sesuai angket yang diberikan kepada siswa dan ditanda tangani orang tua.




JADWAL EKSTRAKURIKULER MI AL-IKHSAN

No
Ekstrakurikuler
Hari
Jam
Pembina
Tempat
1
BTQ
Senin
13.00-15.00
Bisri Mustofa
Mushola AL-IHSAAN
2
Sepakbola
Selasa
13.00-15.00
Ari Budi
Lapangan Sumberporong
3
convertation
Rabu
14.00-16.00
Muyasharo,S.Pdi
Sekolah /kelas
4
Seni Tari
Kamis
14.00-16.00
Siti Masruha
Sekolah/kelas
5
Pramuka
Sabtu
13.00-15.00
Erfan K
Halaman sekolah
6
volly
kamis
13.00-15.00
Johan Alim
sekolah

C.    EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA
Kegiatan ekstrakurikuler sepakbola dilaksanakan di lapangan sepakbola milik desa Sumberporong yang jaraknya hanya sekitar 100 m dari sekolah dan sudah mendapat ijin dari yang berwenang. Ekstrakurikuler sepakbola diikuti oleh 26 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki saja. Pembina eksrakurikuler sepakbola adalah Ari Budianto yang juga sebagai guru olahraga di MI AL-IHSAAN. Seragam yang digunakan saat kegiatan ekstrakurikuler adalah memakai seragam olahraga sekolah.
1.      Data Pembina Ekstrakurikuler Sepakbola MI AL-IHSAAN
Nama                                     : Ari Budianto
Tempat /tanggal lahir             : Malang, 11 Juni 1988
Alamat                                   : Jl. Dr. Cipto Bedali Lawang
Pendidikan                            : IKIP BUDI UTOMO MALANG (PJKR)
Jabatan                                   : Guru Penjasorkes MI AL IHSAAN
2.      Data Peserta Ekstrakurikuer Sepakbola MI AL IHSAAN
No
Nama
Kelas
Keterangan
1
M.Dhehik Ragil
2
Aktif
2
Abil Fazi
2
Aktif
3
Sultan Fadel
2
Aktif
4
Adi Wirawan
2
Aktif
5
M.Bhaihaqi
3
Aktif
6
Ahmad Setyo Budi
3
Aktif
7
Siswoyo
3
Aktif
8
Belgi Charloz
3
Aktif
9
Radit Yudha
3
Aktif
10
Yuro Rafleska
4
Aktif
11
M.Royhan
4
Aktif
12
M.Rizky
4
Aktif
13
Lukman Danda
4
Aktif
14
Dandi Al Ghozali
4
Aktif
15
M.Syaifurrijal
4
Aktif
16
Ekyas Rasikh
5
Aktif
17
M.Mashuri
5
Aktif
18
Farrel Nur
5
Aktif
19
Zaky Fajar
5
Aktif
20
Zaka Askiyak
5
Aktif
21
Defan Zafero
6
Aktif
22
Akbar Aji
6
Aktif
23
Rendra Julian
6
Aktif
24
Wildan Anugera
6
Aktif
25
Wisnu Bayu
6
Aktif
26
Syihabudin
6
Aktif

3.      Prestasi yang Pernah di Raih Ekstrakurikuler Sepakbola MI AL-IHSAAN
1.      Juara 3 Tournamen Sepakbola Tingkat SD/MI kecamatan Lawang (2007)
2.      Juara 2 festival Olahraga MI se-Kecamatan Lawang  (2010)
3.      Juara 1 tournamen Sepakbola Tingkat SD/MI kecamtan Lawang (2014)
4.      Top Score Tournamen Sepakbola Tingkat SD/MI Kecamatan Lawang atas nama Ferri Rahmadin (2014)
5.      Harapan 1 Sepakbola anak-anak HUT RI Sumberporong (2014)
6.      Juara 2 Sepakbola joget HUT yayasan Al IHSAAN (2013)


4.      Alat Peraga
No
Alat
Jumlah
Keterangan
1
Bola
6
Cukup
2
Rompi
10
Kurang
3
Conne
12
Cukup
4
P3K
-
Lengkap
5
Peluit
1
Kurang
6
Klebet
4
cukup
























BAB III
HASIL PENELITIAN

A.    Perlengkapan Latihan Ekstrakurikuler Sepakbola MI AL-IHSAAN
1.      Lapangan
Lapangan yang digunakan yaitu lapangan sepakbola Desa Sumberporong yang terletak di pinggir jalan raya. Lapangan berbentuk segi empat dan tertutup rumput yang kurang terawat, banyak terdapat batu-batu kerikil. Lapangan tersebut berukuran 90 m x 60 m persegi. Garis putih pembatas lapangan tidak tersedia, sehingga siswa kesulitan menempatkan diri saat tendangan finalti ataupun saat menggiring bola karena tidak mengetahui batas tepi lapangan.
2.      Gawang
Tinggi gawang 2.44 m diukur dari sis bawah palang gawang. Lebar gawang 7.32 di ukur dari sisi dalam kedua tiang gawang. Tiang gawang terbuat dari logam tebal berwarna putih. Di belakang gawang tidak terdapat jarring tetapi tanah di belakang gawang tidak menggangu penjaga gawang.
3.      Perlengkapan pemain
Semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola diwajibkan melengkapi perlengkapannya yaitu sepatu sepak bola dan kaos kakinya, baju olahraga sekolah, pelinung tulang kering dan kaos tangan untuk posisi penjaga gawang.

B.     Metode Latihan Ekstrakurikuler Sepakbola MI AL-IHSAAN
Metode yang dilakukan oleh pembina adalah dengan melakukan pembinaan teknik dasar sepakbola, latihan kondisi fisik umum,teknik sepak bola dengan bola, teknik penjaga gawang dan teknik permainan sepakbola dalam tim. Dalam waktu dua jam setiap pertemuan, pembina membaginya ke dalam dua bagian yaitu satu jam pertama digunakan untuk teknik dasar, teknik sepak bola dengan bola, teknik penjaga gawang. Satu jam setelahnya penerapan ke dalam tim, dengan cara membagi dua kelompok untuk bertanding sepakbola. Dua bulan sekali diadakan sparing atau latihan persaabatan dengan sekolah lain untuk memberi pengalaman kepada siswa.


1.      Metode Latihan Teknik Dasar Sepakbola
Teknik dasar merupakan salah satu fondasi bagi siswa untuk dapat bermain sepakbola. sebagaimana tujuan diadakan ekstrakurikuler sepak bola maka Hal ini dilakukan agar siswa tidak hanya bisa berlari dengan berusaha memasukkan bola ke dalam gawang tetapi siswa mampu melakukan gerakan-gerakan teknik yang mendasari permainan sepakbola.
a.       Teknik Badan
Latihan teknik badan diajarkan oleh pembina dengan tujuan siswa dapat menguasai gerak tubuhnya dalam permainan yaitu cara berlari, cara melompat dan gerak tipu badan. Latihan yang dilakukan adalah siswa diajaran cara berlari dalam sepakbola. Siswa dilatih lari cepat 5 sampai 10 m, dengan star yang eksplosif. Gerakan eksplosif dilakukan agar siswa dapat lebih awal bergerak mengejar bola, atau terlebih dahulu samapai di tempat yang kososng agar dapat menerima operan bola. Untuk menjadi pemain sepak bola yang baik maka siswa harus berlatih lari cepat dan berliku-liku untuk melatih keseimbangan, maka pembina menyiapkan alat kun untuk latihan. Kun di tata berjejer lalu siswa harus berlari melewatinya dengan berliku-liku.
b.      Teknik Melompat
Siswa diajari teknik melompat karena dalam sepakbola bertujuan untuk menyundul bola. Hal ini berfungsi bagi siswa ketika berada dalam posisi berebut bola, siswa dapat melompat lebih dulu sehingga lebih tinggi dari lawan dan meraih bola. Siswa di latih melompat degan cara melakukan lompatan vertical atau tegak lurus. Selain itu juga dilatih cara mendarat yang dilakukan dengan satu kaki, tujuannya agar ketika mendarat pemain segera dapat melakukan gerakan selanjutnya.
c.       Teknik Gerak Tipu Badan
Agar siswa dapat melewat lawan saat bermain sepakbola, maka siswa dilatih gerakan yang tak terduga dengan tubuhnya, baik dengan kaki, badan, bahkan terkadang dengan gerakan kepala. Gerakan ini berfungsi untuk mengelabuhi lawan.
2.      Metode Latihan Kondisi Fisik
Agar siswa memiliki kondisi fisik yang baik maka pembina melatihnya dengan cara yang berfungsi untuk kekuatan tubuh. Latihan-latihan yang dilakukan antara lain :
a.       Kekuatan (strength)
Untuk melatih kekuatan fisik otot saat menerima beban siswa dilatih untuk lomba lari dengan menggunakan satu kaki, naik turun bangku dan dilanjutan dengan gerak lompat dua kaki, dan Squat Jump.
b.      Daya Tahan (Endurance)
Latihan dilakukan agar siswa mampu mempergunakan sisten jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efisien dan efektif untuk menjalankan kerja secara terus-menerus. Kegiatan yang dilakukan adalah lari fartlek, lari interal dan lari multy stage. Sedangkan untuk daya tahan otot agar dalam mempergunakan ototnya siswa dapat berkontraksi secara terus menerus dalam waktu yang agak lama. Latihan yang dilakukan adalah angkat barbell dengan menggunakan waktu tertentu dan sit up.
c.       Kecepatan (speed)
Latihan ini dilakukan agar siswa mampu mengerjakan gerakan dalam bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya. Latihan yang dilakukan adalah lari jarak pendek 10-5 meter yang dilakukan secara bolak-balik.
d.      Daya Lentur
Daya lentur dibutuhkan untuk siswa agar mampu menyesesuaikan diri untuk segala aktivitas dengan penguluran tubuh yang lebih luas. Latihan yang dilakukan adalah back up, lari zig zag melewati rintangan.
e.       Kelincahan (agility)
Kelincahan adalah kemampuan siswa mengubah posisi di area tertentu dengan posisi berbeda dengan kecepatan tinggi. Latihan yang dilakukan siswa adalah lari angkat paha dengan jarak tertentu dan melompati cone dengan satu kaki atau dua kaki.
f.       Koordinasi (coordination)
Siswa dilatih agar mampu mengintegrasikan bermacam-macam gerakan yang berbeda ke dalam pola gerakan tunggal. Laihan yang digunakan adalah lari ditemat secara cepat setelah mendengar peluit lari sprint dengan jarak tertentu, melompati cone setelah itu sprint dengan jaraj tertentu.
g.      Keseimbangan (balance)
Siswa dilatih agar mampu mengendalikan ototnya. Latihan yang dilakukan adalah menekuk salah satu kaki kebelakang lalu bergerak naik turun dengan satu kaki, melompati cone di tempapt dengan satu kaki dengan waktu tertentu.

h.      Reaksi (reaction)
Agar siswa memiliki reaksi bertinda cepat untuk menanggapi rangsangan yang ditimbulkan lewat indera maka dilakukan latihan lari bergerombl setelah pelatih berteriak 4 maka secara cepat, siswa harus mencari teman berjumlah 4 dalam satu kelompok, menirukan gerakan pasangan setelah itu lari sprint dengan jarak tertentu
3.      Latihan Kondisi Fisik Khusus
Latihan ini adalah latihan untuk membina kemampuan fisik yang khusus sesuai kemampuan sepakbola. Latihan yang dilakukan adalah siswa melalukan latihan tanpa bola yaitu :
1.      Lari sprint 5-10 meter
2.      Repetisi 4 sampai 5x setiap set
3.      Jumlah set 4 sampai 5 set
4.      Waktu istirahat antara repetisi dilakukan dengan berjalan biasa kembali ke start
5.      Waktu istirahat tiap se 1-2 menit
6.      Kecepatan lari 90%-100%
7.      Sikap start boleh berbagai sikap anatara lain berdiri biasa, berdiri sikap siap, jongkok, duduk di tanah, merangkak dan sebagainya.
8.      Latihan daya tahan dilakukan dengan sebgala gerak, jalan, lari, dan lompat.
Latihan yang dilakukan selanjutnya adalah latihan dengan bola yaitu melakukan latihan teknik bola menggiring, passing, menendang, menahan dan sebagainya.  Siswa berlatih menggiring bola dalam jarak 15-20 meter dengan berpasangan jarak anatar pasangan 5 meter, menggiring bola melalui beberapa tongga (zigzag), pemain berada di dalam lingkaran besar, dengan jarak antar pemain sekitar 3-4 meter siswa menggiring bola setelah peluit dibunyikan siswa meninggalkan bolanya dan lari ke depan mengambil bola yang ditinggalkan pemain yang adadi depannya lalu menggiring bola tersebut dan seterusnya.
4.      Teknik Sepakbola dengan Bola
Latihan ini paling mendasar untuk siswa karena banyak sekali yang bisa menendang tapi tidak berdasarkan teknik karena kebanyakan siswa bermain sepakbola berdasarkan otodidak. Siswa dilatih dalam berbagai hal diantaranya:
1.      Menendang dengan kaki bagian dalam/sisi dalam sepatu
Siswa menggunakan kaki bagian dalam untuk mengoper jarak pendek dengan cara badan menghadap sasaran di belakang bola, kaki tumpu berada di samping bola, lutut sedikit ditekuk, kaki tendang di tark kebelakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola, setelah menendang siswa tetap mengayunkan ke depan mengikuti arah bola.
2.      Menendang dengan Punggung bagian dalam
Siswa menendang menggunakan punggung kaki bagian dalam digunakan untuk mngoper jaraj jauh. Dalam latihan siswa melakukan gerakan posisi badan berada di belakang bola sedikit serong dengan kaki tumpu diletakkkan di samping bola, kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola, setelah menendang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah bola.
3.      Menendang dengan punggung kaki
Siswa dilatih untuk mendang dengan punggung kaki digunkan untuk menmbak ke gawang.
4.      Full volley
Siswa dilatih untuk menendang bola sebelum jatuh ke tanah. Untuk menendang bla langsung dari udara gerakan kaki pada titik katuhnya bola.
5.      Half Volley
Siswa dilatih menebdang bola pada saat bola menyentuh permukaan tanah, bukan langsung dari udara.
6.      Side volley
Siswa dilatih menembak bla yang memantul jatuh di samping pemain.
7.      Swerving
Siswa dilatih menendang bola agar sulit ditangkap oleh penjaga gawang. Siswa juga dilatih bagaimana cara menendang bola sehingga bola menikung melalui sedikit memutar pada ba agar kipper terkecoh.
Selain teknik menendang bola siswa juga dilatih teknik-teknik menghentikan bola dengancara pelatih menendang bola kea rah siswa secara bergantian. Tugas siswa adalah menghentika tendangan tersebut dengan beberapa teknik yaitu menerima bola dengan kaki bagian dalam, menghentika bola dengan punggung kaki, menghentikan bola dengan telapak kaki, menghentikan bola dengan paha, menghentikan bola dengan dada.
Teknik latihan dengan bola selanjutnya dalah teknik menggirin bola. Hal ini sangat penting bagi siswa karena menggiring bola dibutuhkan untuk penguasaan dan control pemain. Dalam hal ini siswa dilatih untuk menggiing bola menggunakan ujung kaki bagian depan, menggiring dengan melindungi bola, menggiring dengan kaki bagian luar, menggiring dengan kaki bagian dalam dan menggiring berkelok-kelok.
Setelah semua teknik dasar dilakukan oleh setiap individu siswa, maka selanjutnya adalah melakukan latihan kekompakan dalam tim. Pelatih membagi siswa menjadi 2 kelompok sesuai hasil undian. Salah satu tim di tandai dengan memakai rompi latihan.
Setelah tim terbagi, pelatih mengamati permainan siswa dengan merangkap menjadi wasit pertandingan. Di dalam tim ini siswa belajar untuk bekerjasama dan dalam latihan ini siswa meerapkan teknik-teknik yang telah dipelajari.



















BAB VI
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari hasil penelitian dalam laporan ini dapat ditarik simpulan anatara lain:
1.      Ekstra sepakbola di MI Al Ihsaan merupak ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa
2.      Ekstra sepakbola di MI Al Ihsaan mengajarkan teknik-teknik dasar bermain sepakbola diantaranya teknik dasar, teknik sepak bola dengan bola, teknik penjaga gawang.
3.      Teknik dasar, teknik sepak bola dengan bola, teknik penjaga gawang dia ajarkan untuk diterapkan ketika bermain sepakbola sehingga hasilnya memuaskan dan menghasilkan prestasi
4.      Sarana dan prasarana yang digunakan sudah memadai walaupun masih ada kekurangan di berbagai hal

B.     Saran
Saran ditujukan untuk penulis, pelatih dan siswa MI Al Ikhsan antaraain:
1.      Bagi penulis diharapkan untuk melakukan penelitian lebih mendalam untuk menindaklanjuti penelitian ini.
2.      Bagi pelatih diharapkan teknik formasi dalam bermain sepakbola juga diajarkan kepada siswa
3.      Bagi siswa diharapkan untuk melengkapi perlengkapan individu diantaranya sepatu sepak bola karena itu adalah hal yang paling utama.








ABSENSI OBSERVASI
NO
NAMA
4/11/2014
18/11/2014
25/11/2014
2/12/2014
9/12/2014
1
Ari Budianto





2
Dandy Septian P.K





3
Nurul Hidayat





4
M.Ivan Setiawan





5
Wahidatul Husnia






Mengetahui,
Kepala MI Al-Ihsaan                                                              Pembina Ektrakulikuler

Hamzah Efendi,S.Pd.I.                                                         Ari Budianto









                                                             



Lampiran Foto

 
















METODE MENINGKATKAN PRESTASI SEPAK BOLA
MELALUI EKSTRAKURIKULER


Oleh:
Ari Budianto
2121001510453



Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas  Pendidikan Ilmu Eksakta Dan Keolahragaan
Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Budi Utomo
Malang
2015



25 komentar:

  1. BONUS FREECHIP!

    CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
    Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

    Baca juga :
    http://www.cepok.org/keuntungan-bermain-judi-poker-online-pada-meja-kecil/

    http://www.cepok.org/cepok-cara-menjaga-akun-dan-chips-dari-para-hacker/

    http://www.cepok.org/cepok-panduan-cara-bermain-ceme-online-terbaik/

    Ayo gabung sekarang di Cepok.org

    BalasHapus
  2. PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah situs judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya & bisa main dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    indokartu.info

    Ayo join sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  3. Untuk Anda para penggemar Judi Online di Indonesia. Kini telah hadir ZEUSBOLA yang merupakan Situs Judi Online Terbesar dan Terpercaya di Indonesia. ZEUSBOLA juga merupakan Agen Sabung Ayam Terbaik dengan pengalaman lebih dari puluhan tahun. Dengan pengalaman yang cukup lama, tentunya Anda semua tak perlu ragu lagi dengan kualitas Situs Taruhan Online ini.

    Menyediakan Permainan Lengkap :
    - SPORBOOKS
    - LIVE CASINO
    - SABUNG AYAM
    - SLOT GAME
    - TEMBAK IKAN
    - BOLA TANGKAS
    - TOGEL
    - POKER ONLINE

    Minimal deposit VIA ATM / OVO : Rp. 50.000,-
    Minimal deposit VIA PULSA : Rp. 25.000,-
    MInimal WITHDRAW : Rp 50.000,-

    HOT Promo-promo Bonus :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS EXTRA FREECHIP !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami :
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  4. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus

  5. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan POKER ONLINE TEXAS HOLDEM INDONESIA Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    DOMINO QIU QIU | CAPSA SUSUN | BANDAR CEME | LIVE POKER

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Artikel Poker

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  6. Daftar S128 Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia
    Menerima Deposit Via Pulsa, Ovo, Gopay, Linkaja, Dana
    Link : http://178.128.92.55/
    Live Chat Zeus Bola : >> http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA <<
    Whatsapp : >> https://wa.me/081333555996 <<
    Telegram : >> https://t.me/zeusbola <<

    BalasHapus
  7. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  8. PROMO NEW MEMBER 15%

    Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan untuk pembukaan akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di delegasi judi online yg berpangkat International, jadi dan terpercaya hanya di judi via pulsa.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.site/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    zeus365.net
    alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  9. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

    Sbg Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man buat beroperasi juga sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    login zeusbola

    promo s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova 888, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  10. Situs judi online dengan tingkat keamanan yang tinggi tentu menjadi target banyak penggemar judi. Keamanan menjadi salah satu incaran para pemain agar terhindar dari hacker. Bergabunglah dengan Pokervita anda akan mendapatkan layanan keamanan akun terbaru.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Tips Mengatasi Fitur Pertanyaan Rahasia PKV Games
    Situs Poker Deposit BRI Online 24 Jam PKV Games

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  11. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  12. MuseumAyam Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Sidney
    Museumbola Slot Habanero
    Sabung Ayam sv388
    Museum Poker3
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Daftar Club388
    Deposit Club388
    Withdraw Club388

    BalasHapus
  13. Mainkan slot terbaru dari JDB : Fishing Yilufa
    Dapatkan ragam bonus dari permainan tembak ikan yang kamu mainkan baik harian maupun mingguan.

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  14. Bagi pengguna rekening Jenius BTPN kini dapat dengan mudah melakukan transaksi via sesama BTPN! Yuk transaksi bersama Museumayam bertaruh Sabung ayam SV388, Menang berapapun dibayar!

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Kontak Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Museumtoto IDNLive
    Museumbola Slot Pulsa
    Museum Ayam
    cara daftar togel singapore
    Museum Poker
    Poker Online Pulsa
    togel deposit pulsa

    BalasHapus
  15. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik

    BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN TERBAIK

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online. Game togel online ini selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta permainan judi togel di Indonesia.

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :
    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA
    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )
    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  16. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  17. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Cara Daftar Poker Online Uang Asli Terbaru 2021

    Bandar Ceme Terpercaya 2021 Deposit Pulsa Terbaik

    BalasHapus
  18. PROMO SPECIAL KEMENANGAN 8x BERTURUT ,
    LIVE STREAMING SABUNG AYAM SV388 DAN S1288 TERBESAR !!

    AGENS128 - DEPO PULSA TANPA POTONGAN - DEPO EMONEY OVO/GOPAY/DANA/LINKAJA 

    DAFTAR DI https://bit.ly/3tDvH40  (www,mbo128,site)
    atau HUBUNGI KAMI LANGSUNG DI 
    WHATSAPP : 085222555128
    https://wa.me/6285222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  19. Modal 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

    #judi #judionline #sabungayam #casino #slot #slotbonus #poker

    BalasHapus
  20. RESULT TOGEL

    WINNING303

    yuk gabung di sini bersama kami , Banyak permainan Menarik

    Info lebih lanjut :

    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  21. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  22. ZEUSBOLA Situs Judi Terlengkap dan Terpecaya..
    *Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus
  23. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  24. DAPATKAN JUTAAN RUPIAH DI BOLAVITA SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !!

    YOK BURUAN DAFTAR DI BOLAVITA DENGAN WINRATE 99%

    DENGAN BERBAGAI MACAM PROMO BONUS DISINI !!
    BONUS ROLLINGAN
    BONUS REFERRAL
    BONUS NEW MEMBER
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    BalasHapus